BeritaKesehatan

RUSIA DIKABARKAN TELAH MENYETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID 19 DI PERTENGAHAN BULAN AGUSTUS

MAMUJU, Jarrakpossulbar.com.
Sabtu ( 31/7/2020). Rusia dikabarkan telah menyetujui  penggunanaan  vaksin coronavirus di pertengahan bulan Agustus ini, Ini bisa diartikan Rusia  akan menjadi Negara pertama yang akan menggunakan vaksin tersebut.

Penggunaan vaksin  untuk khalayak umum ini, diutamakan untuk para petugas kesehatan garis depan  kata mereka.

Beberapa vaksin global dikabarkan sedang dalam tahap uji coba ketiga, sedangkan vaksin Rusia belum menyelesaikan fase kedua. Pengembang berencana untuk menyelesaikan fase kedua tersebut pada 3 Agustus mendatang, dan kemudian akan melakukan pengujian fase ketiga secara paralel dengan vaksinasi pekerja medis.

Vaksin, yang dibuat oleh Gamaleya Institute yang berbasis di Moskow akan diujicobakan pada pertengahan bulan Agustus mendatang.

Para analis diluar Rusia  mengatakan desakan negara itu untuk menggunakan vaksin, datang ditengah tekanan politik dari Kremlin yang ingin menggambarkan Rusia sebagai kekuatan ilmiah global. Mereka juga menyimpan  kekhawatiran luas terhadap pengujian vaksin tersebut kepada manusia karena tidak lengkapnya informasi vaksin yang dipublikasikan.

Negara tersebut tidak pernah merilis data ilmiah tentang hasil pengujian vaksinnya dan belum dapat memverifikasi keamanan atau keefektifannya, begitu imbuh para pengamat.

Foto :Presiden Rusia Vladimir Putin ( dok
CNN)

Belum lagi  adanya tuduhan mata-mata Rusia yang meretas laboratorium penelitian Amerika, Kanada dan Inggris untuk mencuri rahasia pengembangan vaksin. Terlebih  dugaan  bahwa anggota elit politik dan bisnis negara itu termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin telah diberikan akses awal ke vaksiin.

Tidak ingin kalah dengan para kritikus mereka mengatakan vaksin ini cepat dikembangkan karena merupakan versi modifikasi dari yang sudah dibuat untuk memerangi penyakit lain meski semua itu telah dibantah oleh para pejabat Rusia.

Bahkan direktur Proyek Vaksin  Rusia Alexander Ginsburg sengaja menyuntikkan dirinya dengan vaksin sebagai uji coba keefektifanya.

Sumber :
Dikutip dari Liputan68.com

Editor     : Rbi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close